Pelatihan Anjing

Positive Reinforcement & Negative Reinforcement

Memberikan pujian (positive reinforcement) pada anjing adalah hal yang sangat penting dalam pelatihan anjing. Berikan pujian dengan tulus bukan hanya sekedar melakukan. Memberikan pujian kepada anjing dengan tulus maka anjing akan dapat merasakannya sehingga anjing akan mengharapkan anda melakukannya lagi,lagi, dan lagi.

Teguran (negative reinforcement) dianggap sebagai hukuman oleh anjing dan dia akan berpikir untuk menghindarkan hal tersebut terjadi pada dirinya.

Pujian atau teguran membuat anjing mengerti apa yang anda inginkan atau tidak.

Anjing yang dilatih secara tertekan akan lebih berkonsentrasi untuk menghindari hukuman daripada meraih prestasi. Hal ini berarti anda tidak akan bisa memberikan pelatihan secara maksimal terhadap anjing tersebut.


Alat bantu yang dapat mengindikasikan pujian atau perintah.

Anda tidak mungkin selalu memuji anjing setiap ia melakukan hal yang anda inginkan seperti mengatakan “good dog….good dog..!!!”. Bagaimana anda melakukannya jika ia jauh dari anda, apakah anda harus berteriak?. Anda memerlukan alat bantu untuk menggantikan pujian yang keluar dari mulut anda. Clicker, alat yang mengeluarkan suara “klik”. Dengan clicker, anda dapat memberikan pujian ataupun perintah terhadap anjing anda.

Clicker juga dapat menggantikan snack/treat. Anjing akan senang jika diberi snack/treat begitu juga dengan suara “klik” dari clicker. Jika anda memerintahkan anjing anda untuk bergerak dengan clicker, begitu anjing anda bergerak bunyikan clicker lalu berikan ia snack/treat. Lakukan ini 20-30 kali sampai anjing anda mengerti kalau clicker anda bunyikan maka bunyi “klik” tersebut adalah snack/treat. Bunyi “klik” juga berarti bahwa anjing telah selesai melaksanakan tugasnya.

Selalu membunyikan clicker yang sama untuk tujuan tertentu. Contoh : 1 kali “klik” untuk pujian, 2 kali “klik” berurutan untuk memerintahkan anjing duduk, dan seterusnya seperti kode morse. Jika anjing melakukan kesalahan, katakan pada anjing “salah” dan jangan membunyikan clicker.

Jumlah perintah dalam latihan dan lamanya latihan.

Jangan terlalu memberikan banyak perintah dalam pelatihan. Jika anjing sudah tidak pernah melakukan kesalahan maka anda dapat melanjutkan ke perintah selanjutnya. Anjing yang sudah terbiasa dilatih dapat diberi latihan lebih dari 1 jam dalam 1 hari.

Setelah anjing mengetahui mana pujian dan mana teguran maka anda dapat memberikan pelajaran. Anjing dapat membedakan kedua hal ini setelah 20-50 kali pengulangan. Akan lebih cepat ia mengerti jika anda melakukannya dengan tegas. Untuk pujian mungkin anda bisa membelai dengan gemas sambil memuji-muji dirinya, sedangkan untuk teguran anda dapat memukul gulungan kertas koran kelantai. Ia akan dapat membedakan hal ini dengan cepat.

Kapan waktu yang tepat untuk memberikan pujian.

Jangan memberikan pujian jika anjing anda melakukan hal yang tidak anda perintahkan walaupun hal tersebut adalah benar. Anda harus mengajarkan kepada anjing bahwa pujian atau pemberian snack/treat hanya bisa ia dapatkan jika ia melakukan hal yang anda perintahkan. Hal ini dapat meningkatkan anjing berkonsentrasi atau memperhatikan perintah yang anda berikan.

Begitu anjing anda menyadari bahwa hanya respon yang benar saja yang mendapat pujian atau ia akan mendapat teguran jika ia melakukan hal yang salah maka pelatihan akan berjalan sesuai dengan yang anda inginkan.

Perintah baru dan perintah lama.

Setiap perintah baru yang anda berikan, akan lebih diingat oleh anjing daripada perintah sebelumnya. Pelatih harus memberikan latihan yang seimbang antara perintah baru dan perintah lama agar semua perintah dapat dimengerti dengan sempurna oleh anjing.

Beberapa hal yang harus ditambahkan dalam pelatihan :

Jackpots : Berikan penghargaan yang sangat besar dari biasanya jika anjing terlihat bosan.

Conditioned Reinforced : Pujian atau teguran dapat berupa signal (tanda) seperti suara, cahaya, gerakan anggota tubuh anda seperti tangan atau kedipan mata atau memelototkan mata.

Schedules Of Reinforcement : Pada saat anjing anda sudah sangat mahir melakukan perintah yang anda berikan, maka anda tidak perlu memberikan pujian setiap kali ia melakukannya dengan benar. Berikan pujian pada saat benar-benar dibutuhkan, secara tiba-tiba, secara acak atau secara tak terkira. Contohnya : jika ia sudah melakukan 3 perintah dengan benar, puji dia. Hal ini dapat membuat ia selalu menjalankan perintah dengan benar dengan berharap ia akan mendapat pujian dan membuat ia dapat menjalankan beberapa perintah sekaligus.

(Diterjemahkan oleh Bobby Sant)

Artikel from http://goldenpetshop.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: